Selasa, 13 November 2012


Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Pengelolaan Koperasi Sekolah



                                  
                                   Nama Lengkap         : Ceilly Angela Putri Ariston
                                   Kelas                       : 2EA13
                                   Npm                        : 18211406





                                                 PENDAHULUAN

Koperasi merupakan suatu lembaga yang dapat memberikan dampak positif bagi banyak orang. Menurut Undang-udang pengkoperasian No. 25 tahun 1992, pasal (1) ayat (1), “ Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan”.

Koperasi merupakan badan yang harusnya dikelola sebagimana lembaga/badan bisnis lainnya, dimnana lembaga ini memerlukan pengelolaan yang efektif dan efisien, disinilah peranan  Ilmu manajemen dalam menciptakan pengelolaan yang efektif dan efisien. Menurut Suharsono Sagir, sistem manajemen di lembaga koperasi harus mengarah kepada manajemen partisipatif yang di dalamnya terdapat kebersamaan, keterbukaan, sehingga setiap anggota koperasi baik yang turut dalam pengelolaan (kepengurusan usaha) ataupun yang di luar kepengurusan (angota biasa), memiliki rasa tanggung jawab bersama dalam organisasi koperasi (Anoraga dan Widiyanti,1992).

Dalam penggunaanya, ilmu manajemen membantu dalam pengambilan keputusan, pengaturan wewenang dalam pengelolaan lembaga, serta pengawasan dalam pengelolaan lembaga itu sendiri. Menurut Sitio dan Tamba (2001) menyatakan badan usaha koperasi di Indonesia memiliki manajemen koperasi yang dirunut berdasarkan perangkat organisasi koperasi, yaitu: Rapat anggota, pengurus, pengawas, dan pengelola.

Penerapan ilmu manajemen ini diharapkan dapat mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang kerap timbul dalam proses pengelolaannya. Dalam perjalanannya, kopersi sekolah dapat menggunakan ilmu manajemen ini guna untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penggunaan ilmu manajemen dalam pengelolaan koperasi sekolah dapat memberikan pelajaran bagi para pengelolanya tentang bagaimana caranya mengelola lembaga tersebut secara lebih bertanggung jawab dan lebih teroganisir. Dalam proses kerjasama dalam mengelola lembaga tersebut, ilmu manajemen memberikan pengarahan tentang bagaimana caranya menyatukan atau menyamakan tugas-tugas yang ada dalam hal ini perintah-perintah yang harus dijalankan agar dapat berjalan searah dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya ilmu manajemen ini diharapkan nantinya akan membantu koperasi sekolah untuk dapat bertumbuh dengan baik dan pesat dan dapat memberikan manfaat bagi para anggotanya. Dengan adanya ilmu manajemen ini dapat membantu mengontrol sifat ketebukaan, kebebasan dan kekeluargaan yang dianut oleh system koperasi sekolah itu sendiri. Penggunaan ilmu manajemen ini juga diharapkan dapat mampu membantu koperasi sekolah dalam membina dan menyiapkan para siswa sebagai pengelola yang baik dan terorganisir.







DAFTAR PUSTAKA

1.     Undang-undang perkoperasian No.25 tahun 1992, pasal (1) ayat (1)
2.     Jurnal Ilmiah “Manajemen dan Bisnis”, Arman D.Hutasulut. 2001
3.     Koperasi sekolah, Ir.Priambodo,MS.
4.     Skripsi “Pemberdayaan Koperasi Sekolah Ditinjau dari Perspektif Ilmu Manajemen Koperasi”, Siti Istiana. 2010
5.     Koperasi Teori dan Praktek , Sitio dan Tamba. 2001
6.     Anoraganda Widiyanti, 1992








Tidak ada komentar:

Posting Komentar