Senin, 17 Oktober 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta kasih mengandung arti yang berbeda-beda, mengapa??? karena cinta memilki arti yang sangat luas dan tidak terbatas. Hal ini di tunjukan dengan adanya perasaan kepada apa saja baik itu mahluk hidup ataupun benda mati.
Cinta akan datang pada diri setiap manusia, di tampik atau tidak nurani manusia akan mengakui perasaan CINTA pada dasarnya dapat di katakan sebagai budaya yang menggunakan perasaan serta akal sehat. Dari sebuah cinta dapat melahirkan satu bentuk seni yang dituangkan dalam goresan kertas dan kanvas seperti seni lukis dan gambar. Dari sebah cinta dapat melahirkan satu bentuk seni yang memadukan irama dan nada dalam satu dinamisasi yang di kenal sebagai lagu dan seni musik. Dari sebuah cinta pula dapat melahirkan sebuah sat bentuk seni dari goresan pena yang di sebut sajak, pantun atau novel. Ungkapan yang ditimbulkan dari satu kata cinta tentulah tidak dapat dilepaskan dari suatu media perantara yang dapat menggambarkan dan memvisualisasikan serta mendefinisikan tentang perasaan “Cinta” tersebut, baik melalui alat komunikasi “bahasa” yang melahirkan sajak, puisi dan lain sebagainya atau bahkan yang meng-irama-kan nada dan shimpony. 

Jika kita berbicara mengenai cinta maka itupun tidak dapat dipisahkan dengan unsur – unsur seni dan kebudayaan yang ada. Cinta sama dengan budaya yaitu suatu rasa, karya dan karsa. 



Cinta itu sendiri memilik unsur – unsur yang mempengaruhinya. Dengan kata lain penunjang sebagai pembuktian dari pengorbanan karena cinta syarat akan pengorbanan. Seperti ; Tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, pengertian saling percaya dan terbuka dan masih banyak lagi.
Definisi tepat yang dapat menggambarkan tentang cinta sangatlah sulit untuk dijelaskan secara terperinci dan sempurna, karena jika api cinta sudah berlobar maka akan sangat sulit untuk dipadamkan. Cinta merupakan kekuatan spiritual yang dapat membangkitkan fungsi – fungsi kecerdasan emosional dan secara spiritualitas dapat menembangkan potensi – potensi orang  yang sedang mengalaminya.
Karena cinta pada dasarnya merupakan suatu rasa yang sangat sulit untuk diungkapkan, baik dengan kata atau nada. Cinta itu sendiri tidak dapat dipisahkan dari kasih dan sayang karena keduanya “antara kasih dan sayang” merupakan aplikasi lanjutan atau esensi dari sebuah kata cinta melalui beberapa kata dalam bentuk kasih, sayang, pemujaan dan lainnya yang kesemuanya akan dibalut dalam satukata tingkat tinggi, yaitu tanggung jawab.


sumber: - filsafat.kompasiana.com/2011/03/02manusia-dan-cinta-ksih
             - www.google.com
nb. maaf ada sebagian smber yang tidak tercantum, sy lupa nama sumbernya.
thanks,.... ;-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar